Yangyuna Suara Mutiarta: Sambut Dunia

Kini dua minggu ade Yuna (akhirnya kami memanggilnya demikian) telah hadir diantara kami bertiga. Guah akhirnya menulis lagi untuk berbagi kembali sedikit cerita keluarga kecil goud. Cerita dari masa kehamilan, saat melahirkan dan paska melahirkan anak kedua ini lumayan seru (seru yang berbeda dari yang pertama). Tapi yang mendengung di kuping goud lumayang sering adalah arti nama.

“Itu namanya ada artinya gk sih?”, “Kok namanya unik yah? Artinya apa?”, “Kok kaya nama Korea ya?”, begitu beberapa pertanyaan yang kadang keluar dari kawan-kawan yang berkunjung ke rumah. Nama anak kami yang kedua adalah Yangyuna Suara Mutiarta. Dan kalau ada ungkapan “apalah arti sebuah nama”, untuk gue nama anak adalah kompilasi dari situasi dan harapan. Banyak dan berarti dalam. Maybe ‘cause I always overthink everything, haha.

Karena anak pertama kami mulai dengan huruf “Z” maka kami mulai huruf anak kedua dengan “Y”. Dan Yin – Yang menjadi pilihan gue untuk nama awal anak kedua ini. Mengapa? Adalah keseimbangan yang selalu membuat kehidupan berputar, penuh energi juga saling melengkapi. Keseimbangan itu sains penuh kreatifitas, agama yang memakai logika, makan pake minum, mamahnya Z sama bapaknya Yuna, hehe.

Namun keseimbangan itu gue sambungkan agar lebih bergender. “Yangyuna” kalau anak perempuan “Yinayakta” (Yin: lembut; Yakta: Unik) kalau laki2. Unsur “Yang” dengan karakter agresif, positif, matahari; lebih banyak unsur kelaki-lakian gue sandingkan dengan kata “Yuna” yang lebih banyak berarti feminim. Dalam beberapa bahasa arti Yuna adalah indah, cantik, anggun, baik. Dan kata “Yuna” sepertinya berima baik dengan “Yang”. Juga seperti para gamers tau “Yuna” adalah salah satu karakter di Final Fantasy.

Lalu pada kata kedua adalah “Suara”. Gue (kami) berharap Yuna akan menyuarakan, memberi contoh dan membimbing dunia menuju keseimbangan itu. Karena dunia akan berhenti menjadi hidup tanpa keseimbangan. Hampa dunia ini tanpa keseimbangan. Kalut dan sesat dunia tanpa keseimbangan. Maka jadilah suara keseimbangan yang indah dari keluarga Mutiarta.

Advertisements