Dapur Mutiarta: Spring Roll

Ola.. Hallo.. Sudah hampir setaun dari tulisan Gw terakhir, maaf kan Gw yang ga konsisten ini. Mestinya gw nerusin update-an pengerjaan rumah yang sekarang sudah selesai dan kami tempati lebih dari 4 bulan, atau nyelesaiin tulisan perburuan sekolah nya Zi. Tapi berhubung materi nya ga kebawa alias ketinggalan di rumah (lagi nginep di rumah uti) jadi Gw posting resep aja lah yaa.. *yang penting posting soalnya udah di terror sama suami! Hehe..

Sejak pindah ke rumah baru, dengan kondisi dapur dan alat masak yang serba baru otomatis semangat masak-memasak membuncah-buncah, jadilah Gw hampir setiap hari eksperimen resep baru hasil berburu di pinterest. Meskipun semangat nya udah 45 gitu.. tapi karena keterbatasan skill da nisi kulkas resep yang di coba masih yang cetek-cetek, praktis dan sering nya tanpa cabe/sambel (ogah repot masak beda2 menu supaya Zi bisa tetep makan menu yang sama). Spring Rolls ini di pilih sebagai pembuka dari postingan ‘Dapur Mutiarta’ karena pas Gw lagi masak, Gesit semangat bener motretin pake camera beneran hehe..

Resep aslinya Gw contek disini dan ini, terus Gw kembangin berdasarkan selera lidah dan kondisi isi kulkas.

 

Spring Rolls ala Dapur Mutiarta

Bahan Spring Rolls:

4 lembar rice paper

50 gr soun atau bihun rendam air panas, tiriskan dan siram air dingin

1 buah kyuri atau timun potong korek api

1 buah wortel potong korek api

8 ekor udang kupas, bumbui jeruk nipis, garam dan merica lalu tumis sebentar hingga matang

¼ bawang Bombay iris tipis

¼ head lettuce atau daun selada iris tipis

segenggam cilantro (daun ketumbar) ambil daunnya saja

 

Bahan saus:

2 sdm selai kacang

1 sdt perasan lemon

1 sdt minyak wijen

1 sdt minyak ikan

minyak dan air sisa tumisan udang

 

Cara membuat:

  1. Campur semua bahan saus, kemudian sisihkan
  2. Ambil selembar rice paper, letakkan di piring yang sudah di beri air matang, basahi sampai rice paper menjadi lentur.
  3. Susun sedikit soun, potongan head lettuce, potongan kyuri, wortel, dan udang, taburi dengan cilantro dan potongan bawang Bombay
  4. Lipat bagian atas, kanan dan kiri rice paper kemudian gulung rapih.
  5. Ulangi cara no 2-4 sampai bahan isian habis.
  6. Sajikan bersama sausnya.

Dalam sebulan, paling gak Gw bikin satu kali untuk menu makan malam kami (karena sekarang Gesit malem udah ga mau makan nasi), si Spring rolls ini lumayan jadi andelan asal di kulkas ada stok udang dan cilantro. Dari beberapa kali percobaan (ganti isi dan saus), resep yang gw share di atas adalah yang terenak dan selalu ludes habis di makan suami dan Zi (yang makan sayur dan udangnya aja). Kalau berdasarkan selera kami, inti dari spring rolls ini adalah di daun cilantro dan potongan tipis bawang Bombay, jadi.. Kalo pas di kulkas lagi ga ada cilantro biasanya Gw ga jadi bikin, soalnya rasanya kurang nendang! Hehe.. oke deh,, posting pertama setelah setaun nya segini dulu.. Besok lanjut lagi.. semoga posting selanjutnya ga harus nunggu setaun ataw nunggu di terror sm Gesit yaa..

Advertisements