Berburu Sekolah TK Untuk Zi.. Part1

Tuisan ini di dedikasikan untuk para Mahmud dan Pahmud (Mamah, Papah muda) yang mungkin sama galau dan bingung nya sama gw dan Gesit tentang calon sekolah anak-anaknya. Mungkin untuk anak kedua, tiga dan seterusnya udah ga terlalu galau lagi kali ya, karena udah ada gambaran dari anak pertamanya, tapi untuk anak pertama pastilah akan ada bingung-bingung nya. Gesit dan gw Alhamdulillah dari awal udah se visi dan misi megenai masalah pendidikan, dan kita juga sepakat untuk cari dan survey bareng beberapa kandidat sekolah nya Zi.

Cobain mainan di Citta Bangsa

Cobain mainan di Citta Bangsa

Kami melakukan survey sekolah Zi ini dalam tiga hari yang tidak berurutan, dengan selang waktu yang ga terlamapau jauh, jadi kami punya waktu juga untuk diskusi. Sebelum survey sekolah, gw udah bikin list beberapa sekolah yang mungkin akan kami datangi. Awalnya gw list semua beberapa sekolah yang ada di lingkungan rumah kami, sumbernya dari internet, forum mama kece, nanya Ibu, tetangga, bahkan kalo lagi di jalan nemu plang iklan sekolah gw catet jg. Kemudian baru deh mulai di sortir berdasarkan area terdekat dan kemudahan di capai nya ke lokasi-lokasi itu. Gw sama Gesit mau nya Zi sekolah TK yang ga terlalu jauh dari rumah. Kami survey tujuh TK di wilayah Bekasi, Kalimalang, Pondok Kelapa dan sekitarnya, berikut adalah sekolah-sekolah yang kita datengin.

  1. Future Kid Jatibening Montessori School

Alamat : Jl Marna Putra Atas No.2 Jatibening Baru Bekasi, Telp     : 021 70223627 Sekolah ini kami survey pertama kali, karena lokasi nya paling dekat dengan rumah. Jarak nya cuma sekitar 500an meter. Ga mungkin kena macet dan masih di sekitaran komplek perumahan juga. Kami di temui oleh seorang mba-mba administrasi (lupa namanya), si mba ini sedikit banget ngomong nya, malah hampir ga menjelaskan apapun kalo ga di tanya. Gw sama Gesit lah akhirnya yang aktif nanya-nanya ina-ini-itu nya. Overall sih sekolah nya cukup rapih, dan bersih. Mereka membagi kelas berdasarkan umur anak, dari mulai Kiddy 1 (2-3 tahun) sampai Kindergarten 2 (5-6 tahun). Bahasa pengantarnya Inggris dan Indonesia. Setiap kelas diisi 10-15 orang anak dengan 1 guru dan 1 pendamping. Untuk Kelas Kiddy, anak-anak hanya belajar 3 kali seminggu selama 2-3 jam. Sementara untuk kelas Kindergarten mereka belajar setiap hari (senin-jumat), waktu belajar nya 3-4 jam. Biaya bulanan sekolah 650-900 ribu, tergantung dari kelas apa yang di ambil nanti, dan uang pangkal untuk masuk nya 4-6 juta rupiah, tergantung kelas si anak. Sekolah ini kayak nya sih masih baru, Gw baru ngeh banget ada sekolah ini sekitar tahun lalu.

  1. TK Pelangi

Alamat : Dalam Komplek Jatibening 1 Sebenernya kami ga beneran survey di sekolah ini, Gw sama Gesit aga kurang sreg pas liat penampakan luar sekolahnya. Jadi kami cuma lewat aja dan puter balik. Ga ada alasan apa-apa sih, cuma ga sreg aja beneran ga tertarik buat masuk dan cari tau lebih lanjut.

  1. Citta Bangsa

Alamat: Jl Ratna, Jatibening Bumi Arya Sena Blok A No.11 Bekasi Telp :   021-70640067 Dari beberapa sumber yang Gw baca sekolah ini aga kurang popular, kesan Gw waktu nyampe pun biasa aja. Kami ketemu sama orang administrasi nya, namanya Dewi dia jelasin detail tentang sekolah ini. Dari penjelasannya Gw sama Gesit ko kayak jatuh cinta yah sama sekolah ini. Rasanya ko pas banget sama apa yang kami cari selama ini untuk Zi. Di sekolah ini menekankan akan budi pekerti dan nilai-nilai luhur yang udah hampir hilang di gerus jaman. Visi nya mengoptimalkan seluruh aspek kecerdasan anak melalui belajar yang menyenangkan, sehingga setiap anak memiliki dasar kepercayaan diri yang kuat dengan menyadari bahwa dirinya cerdas. Dewi berkali-kali menegaskan bahwa setiap anak punya keistimewaan sendiri, sekolah hanya membantu membimbing anak menemukan keistimewaannya itu. Mereka mengintegrasikan cara belajar setiap individu yang berbeda dengan gaya yang di sesuaikan dengan si anak. Sistem moving class yang di terapkan setiap minggu menjadi daya tarik untuk Gw dan Gesit. Setiap bulan akan ada tema yang berbeda. Kami sempat lihat interaksi antara guru dan murid nya yang manis sekali. Lalu Zi juga sempat main-main di taman dan mencoba beberapa jenis permainannya. Sekolah ini punya kolam renang sendiri di halamannya, cukup lumayan untuk anak-anak belajar renang. Mereka membagi kelas berdasarkan usia dan kemampuan si anak. Terbuka dari kelas Bintang (1-2th) sampai TK B (5-6 th). Metode belajar mengajar menggunakan bahasa Indonesia dengan pendekatan individual. Untuk kelas Bintang, 1guru:4murid; sementara kelas TK 1guru:10murid dan tiap-tiap kelas di bantu oleh seorang pendamping. Untuk waktu belajarnya setiap kelas berbeda-beda tergantung tingkatannya mulai dari 2-4 jam. Iuran tahunan setiap kelas berbeda-beda, karena Zi akan masuk di kelas Matahari (3-4 th) maka kami di beri informasi di kelas tersebut. Total biaya nya sekitar 6.5 jutaan di tahun pertama, dan tambah 3jtaan lagi kalau Zi berencana melanjutkan ke jenjang selanjutnya, uang Iuran bulanan 550rb.

  1. Edelweiss

Alamat: Lap. Tenis No. 18A Jatibening Estate Pondok Gede, Bekasi 17412 Tlp     : 021-84998139 Survey sekolah di lanjutkan ke sekolah ini. Edelweiss jadi sekolah terakhir yang kami kunjungi pada hari pertama road show survey sekolah Zi. Sekolah ini letak nya persis di dalam lapangan tenis komplek Jatibening Estate. Konon katanya beberapa tahun silam pernah di demo sama para penghuni komplek lantaran sekolah ini mengalihfungsikan lapangan tenis. Untuk saat ini Gw kurang tau deh lanjutan dari berita tersebut. Kami disambut ramah olah petugas administrasinya. Di tengah perbincangan, kami tidak sengaja ketemu dengan kepala sekolah nya (Mrs. Monika). Kebetulan Mrs Monika lagi nunggu di jemput, jadi pas banget deh bisa ngobrol banyak sama dia. Gesit dan Zi sih ga terlalu banyak denger perbincangan kami, mereka asik main-main di playground nya TK Edelweiss. Mrs. Monika banyak menjelasakan soal metode belajar dan kurikurum yang di pakai. Sekolah ini buka kelas mulai dari Kiddy-1 (2-3 th) sampai Kindergarten B (5 th keatas). Sistem belajar nya central class, dengan pengantar bahasa inggris, setiap kelas di isi oleh seorang guru dan pendamping, jumlah murid 15 orang per kelas. Waktu belajarnya untuk kelas Kiddy seminggu 3 kali, selama 2-2.5 jam setiap pertemuan. Sementara itu, untuk kelas Kindergarten waktu belajarnya setiap hari (senin-jumat), selama 4 jam. Yang cukup menarik, karena TK ini kurikulum nya IB (international Baccalaureate) dan full English, anak-anak di persiapkan untuk masuk ke SD nya yang IB juga, maka setiap anak akan di berikan English course bila di rasa kurang memenuhi target mereka. Total biaya administrasi dan uang gedung nya sekitar 10 – 12 jutaan (tergantung kelas yang di ambil) plus biaya bulanannya 725 ribu rupiah, belum termasuk ekskul dan kursus inggris tambahan 60 ribu per kedatangan. Setelah datang ke empat sekolah itu kami pulang, dan memutuskan untuk diskusi dulu. Sebenernya sih kami udah sama-sama suka sama salah satu dari ke-empat sekolah itu. Selain cara belajarnya yang menurut kami menarik, kami juga suka sama lingkungannya dan harganya pun masuk dalam budget. Tapi kami ga mau langsung memutuskan pilihan. Masih mau diskusi dulu dan datengin beberapa sekolah lain yang udah di list. Postingannya bersambung yah.. itung-itung rehat jeda diskusi ceritanya hehe… next posting akan membahas tiga sekolah lain yang kami datangi di hari berbeda. Stay tune yah.. Mahmud Pahmud..

Advertisements